Monday, November 21, 2011

Ke Vietnam harus ada tiket pulang?

Dalam ketergesaan saya melakukan check ini di counter Singapore Airline, saya ditanya oleh petugas counter apakah saya sudah ada tiket pulang. Saya katakan bahwa saya belum jelas kapan harus pulang sehingga tiket nanti saya beli di Vietnam saja. Saya katakan sekali lagi bahwa saya bisa disana tiga hari sampai satu minggu. Belum jelas. Petugas tersebut menelpon seseorang, dan kemudian mengkonfirmasikan lagi bahwa dia tidak bisa mengissue boarding pass kalau saya tidak punya tiket lagi.

Saya terpaksa didepan counter tersebut membeli tiket online. Agar pelayanan tetap berjalan saya bergeser sedikit, sehingga orang lain bisa antri. Seorang bule setelah saya ditanya hal yang sama dengan saya. Dia katakan dia sudah ada tiket lanjutannya, tetapi menurut bule tersebut sekarang sudah tidak berlaku lagi ketentuan itu disana.

Saya menimpali "Bagiamana Mas? saya tetap harus ada tiket pulang?"
"Iya Pak, kita tetap tidak berani mengissue Boarding Pass kalau tidak ada tiket pulang"
Untung saja saya sudah terbiasa dengan pembelian tiket online. Saya akan membuka laptop saya, tetapi kemudian saya ingat bahwa saya punya Program Ticketing for Blacberry dari Air Asia. Saya membeli tiket online dari BB saya disepan konter, dan dalam waktu yang tidak lebih dari 3 menit saya sudah mendapatkan konfirmasi dari Air Asia bahwa tiket sudah dikeluarkan dan sudah confirm.

Saya tunjukkan nomor penerbangan saya dan Booking Number saya ke petugas, kemudian Boarding Pass SQ Jakarta - Singapore - Hanoi dikeluarkan untuk saya. Saya lari ke Konter Imigrasi, dilayani dengan sangat cepat, dan lari ke Gate D7. Sampai di sana saya penumpang terakhir yang masuk pesawat.

Tapi dalam hati saya masih bertanya-tanya, apakah harus ada tiket pulang saat bepergian seperti ini?

No comments: