Tuesday, November 22, 2011

Hanoi: Sopir Jakarta Lewat.......?

Semrawut! Tidak teratur! Begitu kurang lebih lalu lintas di jalan raya di Hanoi. Banyak sekali sepeda motor. Mobil berbagai merek juga bersliweran di jalan. Mobil-mobil mewah juga sering kita temui. Audi, Lexus, BMW,Mercedes saya lihat berada ditengah-tengah padatnya jalan.

Saya lihat sepeda motor lari kencang dan hampir nabrak. Hampir saja, tetapi tidak nabrak. Saat saya di dalam taxi saya sering miris sendiri melihat jarak antara mobil dengan sepeda motor yang hanya beberapa centi saja.

Kalau tentang kertampilan sopir maupun pengendara sepeda motor di jalan raya, saya akui mereka jempolan. "Selalu hampir nabrak tetapi tidak pernah nabrak". Anehnya, mereka cool-cool saja, tidak saling melotot, seperti tanpa emosi.

Kalau jam pulang kantor? seperti sedang ada demo sepeda motor. Jalan raya padat dengan sepeda motor. Apa Hanoi layak disebut "Kota Sepeda Motor?" Saya yakin layak, tetapi mungkin ada yang mengalahkan, yaitu Ho Chi Min City, atau yang dulu disebut Saigon. Saya dengar disana lebih gila lagi. Tapi saya belum sempat kesana. Lain kali.

No comments: