Saturday, November 26, 2011

Hanoi: Foreign Trade University




Tujuan utama saya ke Vietnam adalah melakukan penjajakan kerjasama dengan universitas di Vietnam. Rekan saya yang in charge di kerjasama luar negeri telah melakukan kontak awal dengan Foreign Trade University, sehingga saya tinggal mem-follow up. Saya sudah melakukan komunikasi melalui sms dengan person in charge di universitas tersebut. Saya punya nama, nomor hp, dan alamat email, tetapi saya tidak tahu dia itu laki-laki atau perempuan.

Sesuai dengan perjanjian, saya akan ketemu dia pukul 9 pagi. Saya ke kampus universitas tersebut dengan menggunakan taxi. Biayanya sekitar 90.000 Dong atau sekitar Rp. 45.000,-- Cukup murah. Sesampainya di kampus FTU saya tidak memiliki kesulitas sama sekali untuk menemukan ruang meetingnya karena sudah diberitahu dengan jelas. Building A Lantai 9.

Untuk menuju lantai 9 saya harus antri masuk lift bersama student yang lain. Saat saya antri, ada seorang ibu-ibu yang nyelonong ke depan, dan diberi akses oleh pengantri yang lain. Ibu2 tersebut mungkin dosen. Kesimpulan sementara saya, kalau dosen bisa langsung ke depan pintu lift, tanpa harus antri. Kalau saya tentu saja tetap antri. Lift yang tersedia ada 4 lift, tetapi karena banyak yang akan naik maka kita tetap harus antri.

Tidak susah menemukan kantor urusan internasional (Office of International Affairs). Sampai disana saya ditemui seorang staf. Saya katakan bahwa saya sudah ada janji dengan seseorang yang kemudian saya sebut namanya. "Oh yes, she is in other room now. Just wait!" Ternyata dia seorang wanita!

" Hai...I'm Ha" kata dia
"I am Agung" begitu balas saya.

Kami pun terlibat dalam pembicaraan sesuai dengan penugasan yang saya emban. Hanya saya dan dia. Tidak ada staf lain yang ikut dalam pembicaraan ini. Ada 4 orang lain dalam kantor urusan internasional tersebut, tetapi mereka sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Saya disuguhi setengah cangkir kopi? Setengah cangkir? Mungkin begitu budaya mereka.

Kunjungan ini diakhiri dengan campus tour. Cukup berjalan kaki. Kampus ini tidak begitu luas tetapi gedungnya tinggi-tinggi. Gedung A ini kalau tidak salah 12 lantai. Saya ditemani oleh seorang staf, wanita, namanya Ha juga. Yang ini sering disebut "Small Ha", yang bosnya sering disebut "Big Ha".

Dari pembicaraan yang ada saya mengetahui bahwa universitas ini memiliki reputasi yang sangat tinggi di Vietnam. Ha sering menyebutkan bahwa kita memberikan pelayanan pendidikan dengan kualitas yang tinggi! Dia nampak sangat percaya diri dengan universitasnya. Saya senang. Mestinya seorang pejabat harus begitu. Percaya diri!

Setelah saya tanya sana-sini, saya baru tahu bahwa FTU memang universitas terbaik di bidangnya di Vietnam. Di Vietnam universitasnya sudah fokus. Jadi ada universitas ekonomi, universitas teknikm dan seterusnya.

Walaupun ini universitas terbaik di Vietnam jangan dikira fasilitasnya seperti universitas terbaik di Indonesia. Saat saya minta mau presentasi dia mengatakan bahwa ruangan yang ada LCD projectornya sedang dipakai. Ya sudah, saya tidak menggunakan tayangan saat mengenalkan universitas saya. Saya lisan saja.

Saat saya sampai di ruang kuliah, saya cukup kaget. sangat sederhana. Seperti ruang kelas saya jaman SD dulu. Ada meja kayu, dan bangku kayu tanpa sandaran. Ini yang mereka sebut small class. Untuk kelas besar sudah ada fasilitas AC dan LCD Projector. Kursi dan mejanya juga sudah cukup modern.

Ada juga dormitori (asrama mahasiswa di dalam kampus). Ada Sport Hall, tetapi juga sangat sederhana. Ruang kegiatan mahasiswa juga sederhana. Tetapi jangan salah terka, di Eropa pun masih banyak universitas dengan fasilitas kelas sederhana seperti itu. Bukan mereka tidak mampu beli, tetapi sekedar meneruskan tradisi.

Di FTU ada beberapa gedung yang dibangun oleh pihak luar universitas seperti Jepang (JIK) dan Inggris. JIK membangun gedung di dalam universitas tersebut, dan juga lembaga bahasa dari UK juga memiliki gedung di situ. Nampaknya universitas tersebut memang universitas yang baik!

Saya kembali ke Hotel untuk melanjutkan kunjungan ke universitas lain. Sekedar untuk naroh jas dan komputer. Setelah ini saya akan mengunjungi universitas lain yang terkenal pula di Vietnam, yaitu National Economic University.


AP

No comments: