Monday, October 20, 2014

Kerjasama FEB UNSOED dengan Takamatsu University, Japan.

FEB Unsoed menindaklanjuti MOU antara UNSOED dengan Takamatsu University (TU) dengan menyepakati kerjasama pertukaran mahasiswa (student exchange) yang bisa berlanjut menjadi program gelar ganda (double degree). Kesepakatan kerjasama tersebut  dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOA) antara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed dengan Dekan Faculty of Business Administration, Takamatsu University, yang ditandatangani pada hari Kamis, 9 Oktober 2014.

Kereta Api Shinkansen, membawa kita dari Kyoto ke Takamatsu

Dalam MOA ini disepakati beberapa hal, yaitu:
1. FEB Unsoed dan FBA TU bersepakat saling menerima mahasiswa dalam student exchange sebanyak 2 orang pertahun dari masing-masing universitas.
2. Kredit yang diperoleh mahasiswa selama belajar di universitas partner dapat diakui oleh masing-masing universitas dan dapat ditransfer.
3. Durasi belajarnya adalah 2 semester (1 tahun)
4. Masing-masing universitas membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa international peserta program student exchange.
5. Bahasa pengantar perkuliahan di TU adalah bahasa Jepang sedangkan perkuliahan di FEB Unsoed dalam bahasa Inggris.

Penandatanganan MOA dengan Takamatsu University

Dalam catatan tambahan dalam kesepakatan ini, tertulis bahwa bila peserta student exchange yang melanjutkan studi lagi selama 1 tahun (sehingga total durasi belajarnya menjadi 4 semester atau 2 tahun) maka pihak TU akan memberikan gelar Bachelor of Business Administration (BBA).

Kampus Takamatsu University


Kelebihan lain dalam program kerjasama dengan TU adalah terbukanya kesempatan kerja bagi mahasiswa peserta student exchange.  Mahasiswa diperkenankan bekerja maksimal 4 jam per hari dengan bayaran sekitar Y1000 (atau sekitar Rp. 120.000) per jam. Diharapkan mahasiswa dapat membiayai sendiri keperluan akomodasi dan biaya hidup lainnya dengan hasil dari bekerja sampingan.  Pihak TU menjamin bahwa mahasiswa dalam program ini bisa mendapatkan pekerjaan.  Di Universitas ini mahasiswa diwajibkan untuk bekerja paruh waktu sambil kuliah.  Ini bagian dari model pembelajaran yang mereka tawarkan.

Suasana Toko Kampus

Setelah meeting dan penandatanganan MOA, delegasi FEB Unsoed diajak untuk campus tour termasuk untuk melihat asrama untuk mahasiswa FEB Unsoed bila mengikuti program ini.  Untuk mempererat persahabatan, delegasi UNSOED membuat makanan kolaborasi nasi goreng dan sushi.  Para pimpinan universitas menikmati "shusi nasi goreng".

Masakan kolaborasi nasi goreng dan shusi (Sushi Nasgor)

Setelah campus tour, delegasi FEB Unsoed juga melakukan company tour, melihat tempat-tempat yang biasanya mahasiswa bekerja paruh waktu dan juga city tour untuk melihat keindahan kota Takamatsu.

Salah satu taman di Takamatsu

Terimakasih kepada para pimpinan Takamatsu University, terutama Professor Maruyama, Dekan Faculty of Business Administration yang menyiapkan segala keperluan administrasi untuk keperluan visa dan juga mendampingi (dan mentraktir) kami selama kami di Takamatsu.

Untuk para mahasiswa FEB yang tertarik untuk mengikuti program ini agar segera belajar dan memperlancar Bahasa Jepangnya.  Arigato Gosaemas.

AP

2 comments:

Anonymous said...

subhanallah keren bgt unsoed skrg bs pertukaran pelajar kejepang aplg di jepang mengenai teknologi bgs buanget n magang di jepang jg digaji 15 jt perbulan yg diadakan dari pemerintah dari cheeves. indah unsoed 2008

Anonymous said...

assalamu'alaikum. pak saya mahasiswa FEB IESP inter. apakah benar jika kita mengambil double degree di takamatsu ada biaya pendaftaran pertama?