Monday, January 2, 2012

Momentum Hidup - Tahun Baru

Pagi ini matahari terbit dari timur seperti biasanya. Udara pagi cukup dingin seperti biasanya juga. Kita semua bangun tidur juga dengan cara biasa. Tidak ada yang istimewa. Walaupun hampir segalanya seperti biasanya, namun ada sesuatu yang berbeda. Bahkan istimewa. Hari ini adalah tanggal 1 pada bulan 1 tahun yang berganti. Hari ini adalah tahun baru.

Mengapa tahun baru istimewa?

Pertama, kita tidak lagi menggunakan kalender tahun sebelumnya. Kalender tahun lalu sudah tidak berguna lagi. Kita memerlukan kalender baru. Ada sesuatu yang mau tidak mau kita selesaikan sampai disini, dan ada sesuatu yang mau tidak mau harus kita mulai. Ini hikmah dari pergantian kalender tersebut.

Kedua, sebagian besar organisasi di dunia ini menggunakan tahun kalender sebagai tahun pertanggunggjawaban. Tahun hitung-hitungan. Untung? atau rugi? Hitung-hitungan ini bukan hanya untuk organisasi saja, tetapi akan berdampak pada diri pribadi anggota organisasi tersebut. Apakah selama tahun ini kita berprestasi? Apakah kita mencapai target? Apakah kita layak mendapatkan bonus?

Ketiga, tanggal 1 Januari pada umumnya digunakan sebagai awal dari rencana kerja selama satu tahun. Kegiatan apa yang akan kita lakukan dalam satu tahun ini? Apa target kita? Berapa anggaran yang kita alokasikan? Ini berlaku untuk organisasi, tetapi berdampak kepada individu-individu yang ada dalam organisasi.

Singkatnya, tahun baru adalah batas memulai. Starting point. Kalau diibaratkan dalam kegiatan jalan sehat, tahun baru adalah garis start-nya. Ini adalah titik buka untuk tahun ini. Tapi apa artinya buat kita kalau kita anggap hari ini sebagai hari yang tidak berbeda dari hari yang lain? Ya bisa tidak berarti apa-apa kalau memang hari ini kita berlakukan sebagai hari yang tanpa arti. Tapi ingat, banyak hal yang dimulai pada tahun baru ini. Ada gelombang semangat yang besar pada tahun baru ini. Tahun baru adalah momentum bagi banyak orang.

Momentum adalah suatu titik keadaan yang memiliki tenaga besar. Suatu titik yang akan menghasilkan energi besar. Momentum hidup tidak hanya tahun baru. Bisa hari ulang tahun. Bisa hari raya keagamaan. Bisa hari kemerdekaan. Bahkan bisa juga hari lain yang memberikan energi kepada kita walaupun hari tersebut tidak berarti apa-apa buat orang lain. Momentum hidap sangat personal. Sangat pribadi. Dan itu bergantung pada diri kita sendiri. Kitalah pencipta momentum. Apakah ini akan kita jadikan momentum? atau biasa saja? Kitalah yang memutuskan. Namun demikian, apapun keputusan kita, tahun baru adalah suatu momentum. Setidaknya untuk kebanyakan orang di dunia ini.

Semoga tahun baru ini adalah momentum kita untuk menjadi manusia baru seperti yang kita idealkan. Semangat baru. Energi baru.

Selamat tahun baru 2012.

AP

1 comment:

Candra Kurniawan said...

setuju sekali...
momentum untuk perubahan dan semangat yang lebih baru lagi...