Tuesday, May 8, 2012

Bagaimana ke UUM dari Airport Penang?

Beberapa teman menanyakan bagaimana caranya ke UUM (University Utara Malaysia) dari Pulau Pinang dengan menggunakan public transport.  Semoga tulisan ini membantu.

Keluar dari Arrival Hall, kita berjalan kaki sekitar 30 meter ke Tempat Pemberhentia Bus (Bus Stop). Gunakan Bus dengan Kode 401 E untuk menuju ke Jeti (Pelabuhan Ferry). Tarifnya RM. 2.70. Bayar langsung ke sopir saat menaiki bus.  Dari airport ke Jeti memakan waktu sekitar 1 jam.  Jeti merupakan pemberhentian terakhir dari bus nomor 401 E tersebut. Di Jeti kita berhenti di Terminal Jeti.

Kita tinggal berjalan kali menuju pelabuhan Jeti. Kita akan melalui warung-warung dan lorong menuju ke ruang tunggu di pelabuhan Ferry.  Kita tidak perlu membayar untuk Ferry menuju Butterworth (nama kota setelah kita turun dari Ferry).  Tetapi kalau dari Butterworth ke Jeti kita harus membayar (saya lupa berapa tarifnya, tetapi murah kok....).

Turrun dari Ferry kita berjalan kaki dan langsung akan menemui Bus Station. Di stasiun bus tersebut terdapat banyak kounter tiket.  Tanya saja mana bus yang paling awal berangkat menuju Alor Setar.  Bus dari Butterworth ke Alor Setar tersedia setiap 30 menit. Tarifnya RM.9,80.

Perjalanan ke Alor Setar memakan waktu sekitar 1,5 jam. Sesampainya di Bandar Perdana (nama stasiun bus Alor Setar) kita menuju kounter Bus Mara Liner, karena hanya bus inilah yang memiliki rute Alor Setar ke UUM. Tersedia setiap 1 jam. Tarif dari Alor Setar ke UUM adalah RM. 5.40. Rutenya adalah Alor Setar - Jitra - Cangloon - UUM (Sintok). Karena bus ini sering berhenti mengambil dan menurunkan penumpang, dari Alor Setar ke UUM memakan waktu sekitar 2 jam.

Di Kampus UUM bus akan berhenti disetiap Halte, untuk menurunkan dan mengambil penumpang.  Sampaikan kepada kondektur kita akan menuju kemana di kampus tersebut sehingga kondektor akan membantu kita berhenti di halte terdekat.

Semoga berguna.

AP

1 comment:

Diana said...

Terima kasih banyak Pak