Friday, April 5, 2013

Cara meng-uninstall MacKeeper


Saya men-download aplikasi MacKeeper dengan tidak sengaja yaitu saat akan mendownload ebook, saat saya klik download malah yang terunduh adalah aplikasi MacKeeper. Menurut propaganda yang ada sesaat sesudah terunduh, MacKeeper adalah sebuah program aplikasi yang akan memprotek Mac kita dari program-program liar yang tidak baik untuk Mac kita.  Jadi ini semacam "bodyguard" yang akan melindungi kita apabila ada bahaya yang mengancam.  Rasa ingin tahu saya membuat saya melakukan instalasi atas program tersebut.

Setelah saya menginstall, muncul lagi rasa ingin tahu saya tentang keampuhan MacKeeper ini.  Sayapun mencoba googling.  Ada yang pro dan ada yang kontra pada aplikasi ini. Namun nampaknya lebih banyak yang menyarankan untuk tidak menginstal program ini.  Salah satu efeknya adalah menjadikan Mac kita lemot.  Hal ini dikarenakan MacKeeper melakukan inspeksi atas segala proses yang berkaitan dengan Mac kita.

Akhirnya saya putuskan untuk melakukan "uninstall" pada MacKeeper.  cara melakukan uninstal cukup rumit menurut beberapa sumber. Saya coba ikuti namun banyak yang tidak berhasil.  Kemudian saya mencoba ke menu "Aplication", dan kemudian saya coba "Move to Trash" pada file yang berkaitan dengan MacKeeper.  Ternyata ini malah berhasil.  Setelah file MacKeeper kita "move to trash", komputer akan bertanya alasan mengapa melakukan uninstall.  Kata-kata "alasan melakukan uninstall" ini meyakinkan saya bahwa saya sedang melakukan proses "uninstall". Atas pertanyaan alasan melakukan uninstall tadi, pilih saja salah satu jawaban yang ada. Kemudian OK. MacKeeper lenyap dari komputer kita.

Mengapa kok ada petunjuk yang begitu rumit untuk melakukan uninstall MacKeeper ini? Kemungkinan pada MacKeeper versi lama (Tahun 2012) cara melakukan uninstallnya cukup rumit. Tetapi untuk MacKeeper yang baru (2013), cara meng-uninstallnya cukup sederhana.  Saya belum yakin atas statement saya ini.  Hanya saja cara-cara rumit (seperti yang ditulis oleh Philastokes misalnya) ang saya baca adalah untuk MacKeeper 2012.

Singkatnya, untuk meng-uninstall MacKeeper dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Dalam finder pilih menu application.
2. Pilih file yang berkaitan dengan MacKeeper.
3. Move to Trash.
4. Pilih alasan mengapa melakukan uninstall.
5. OK

Semoga bermanfaat.

Mr.AP

4 comments:

Anonymous said...

stlh indah baca dari blog bapak mengenai Mac Keeper memang sgt baik untuk memproteksi dari program liar yang tidak baik tapi klo menjadikan laptop lemot lbh baik tdk jadi, slh satunya ketika indh ingin buka ceramah agama quraish shihab di youtube memamg ada tapi yang mnyebalkan malah ada video porno dismpngny makanny indah tutupi pk buku...Indh berharap moga bapak bs menemukan aplikasi lain seperti mac keeper yg tdk memakan memori laptop..thank

Anonymous said...

As a direct consequence on the thriving Country citizenry,Ysl Gucci Wallet the quantity of family homes engineered features gone up in numbers greatly when we try to deal with interest [url=http://www.paulsmithcity.com/]ポールスミスバッグ[/url] ポールスミス 財布 http://www.paulsmithcity.com/ in real estate between People in britain. Any sunroom is going to right away snatch the eye involving neighborhood friends plus passersby [url=http://www.paulsmithland.com/]ポールスミス 時計[/url] ポールスミス アウトレット http://www.paulsmithland.com/ and may also bring about a slight twinge for coveted by while they glance at and additionally look for much the same deluxe. Every time you receive attendees past to your home you may use any conservatory as the key home as things are the ideal position for unique occasions and also has the capability [url=http://www.paulsmithsunny.com/]ポールスミス通販[/url] 2511;ス(Paul Smith) http://www.paulsmithsunny.com/ to fit a number of folks many occurrences.


Unknown said...

Terimakasih ilmunya sangat membantu sekali

Unknown said...

Matur nuwun