Monday, May 20, 2013

Komentar Peserta Training "Communication Skill for Service Quality"


Berikut ini adalah komentar peserta training "Communication Skill for Service Quality" yang diselenggarakan di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa-Tengah II di Surakarta, pada tanggal 25 April 2013.  Saya senang bisa berbagi dengan orang-orang cerdas yang bergabung dalam training ini. Semoga training ini memberikan manfaat bagi kemajuan negeri kita tercinta. Komentar ini diurut menurut urutan input saja.  



"Materi communication skill cocok sekali untuk pegawai DJP."

"Penyampaian materi cukup menarik. Disampaikan dengan cara yang baik dan tepat waktu. Contoh-contoh praktis diterapkan di kantor pelayanan pajak perlu ditambah."

"Oke banget materinya. Menarik juga materinya. Pak, buku “The Art of Controlling People” nya masih ada nggak ya? Kok saya cari nggak nemu yaa?"

"Cara berbicara jelas. Memberikan contoh-contoh yang dapat diaplikasikan. Saya puas dan ingin memperoleh pelatihan selanjutnya tentang communication skills."

"Sudah keren Pak. Saya tunggu e-book nya. Nanti kalau ketemu lagi, saya sudah punya buku anda. Saya minta tanda tangannya ya. Biar bisa ketularan nulis bukunya."

"Saya mendapatkan wawasan pengetahuan dari materi hari ini. Bagus dan menyadarkan saya bagaimana dalam menghadapi orang lain baik di dunia kerja atau keluarga. Video mohon diperbanyak agar lebih ramai."

"Meskipun model diskusi 1 arah, tetapi sangat nyaman dan bisa cepat dimengerti, tidak membosankan. Model diskusi yang diselingi video dan folunter sangat menarik."

"Materi yang diberikan sudah bagus. Seharusnya ada pelatihan khusus bagi petugas/pegawai yang bertugas di front liner supaya kualitas customer service di kantor pajak dapat lebih baik dan memuaskan para WP."

"Materi dan cara penyampaian yang cukup bagus dan menarik. Kurang komunikatif dengan audiense. Tidak ada praktek dalam penerapan materi. Kurang waktu untuk materi."

"Dalam memberikan training sangat bermanfaat untuk disosialisasikan dikantor kami."



"Bahasanya lugas, tegas, dan enak didengar. Interaksi dengan peserta kurang."

"Penyampaian materi yang disampaikan cukup baik dan jelas. Tidak membosankan dan mudah dimengerti."

"Saya sangat tertarik dan sangat ingin belajar lebih lanjut tentang communication skill yang bapak sampaikan. Materi yang sangat bermanfaat untuk petugas yang melayani customer seperti tugas saya. Materi sangat bagus."

"Materinya bagus dan sangat bermanfaat untuk perbaikan melayani customer jadi lebih baik."

"Penyampaian materi bagus. Tata bahasa juga bagus."

"Sangat bermanfaat bagi saya sebagai front liner di kantor. Saya perlu belajar lebih dalam lagi tentang segala yang berhubungan dengan communication skill. Teori mendukung tetapi praktek memang sangat sulit. Terima kasih atas ilmunya. Saya bangga karena saya salah satu alumi UNSOED."

"Tambah pengetahuan dan jadi lebih tahu cara melayani customers yang lebih baik."

"Menyenangkan karena materi yang diberikan sistematis dengan bahasa yang bisa dimengerti dan ditambahkan dengan contoh-contoh. Komunikasi dengan audience juga berjalan lancar. Ilmu-ilmunya sangat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas di pelayanan dimana komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam menghadapi customer sehingga kerjaan menjadi lancar. Semoga acara seperti ini lebih sering diselenggarakan."

"Terima kasih pak Agung. Sangat bermanfaat bagi kami."

"Bagus, menarik."




"Positif sekali karena menambah pengetahuan. Membawa materi cukup jelas."

"Materi sangat baik namun kurang contoh dengan penampilan film."

"Materi yang disampaikan cukup bagus walaupun belum begitu paham karena mungkin bahasa yang dipakai Bahasa Inggris sehingga untuk memahaminya diperlukan waktu yang lebih lama."

"Penyampaian materi sudah baik dan detail. Cuma kalau bisa lebih banyak game tentang komunikasi dan aktifitas yang dilakukan peserta."

"Bagus sekali. Contoh non-verbal dari anak kecil sering dipakai."

"Penyampaian materi sangat mudah dimengerti."

"Kurangnya pemberian motivasi. “Joke” yang terkait dengan materi kurang. Cara berkomunikasi bagus. Audiense positif."

"Terima kasih pak. Saya dapat materi / ilmu baru terutama tentang masalah gesture non-verbal."

"Materi mantap dan lengkap. Kurang melibatkan audience. Kurang adanya peraga-peraga yang mungkin bisa dibuat grouping."

"Penyamaian bagus, tidak membosankan. Materi jelas dan menambah wawasan. Untuk kedepannya, tolong tambahkan role play (praktek) cara komunikasi yang baik. Ditambah dengan diskusi berbagai permasalahan + cara penyelesaian."

"Terima kasih atas tambahan ilmunya. Semoga bermanfaat. Mungkin peserta lebih baik mendapat porsi yang lebih untuk berinteraksi."

"Pemaparan bagus. Membuat semangat baru. Ada yang bisa nyantel di otak/ingatan saya yang sudah 53 tahun karena penyampaian Anda."

"Penguasaan materi yang sangat baik. Saya cukup puas karena menambah ilmu dan pengetahuan saya. Tetap jadi warga negara yang baik dan WP yang baik yaa. Jalin terus hubungan yang baik dengan DJP."


Saya mengucapkan terimakasih atas komentar-komentar yang masuk. Komentar tersebut disajikan apa adanya, tanpa sensor, tanpa pilih-pilih.  Semoga kita semua bisa mengembangkan diri kita semakin baik dan semakin baik lagi.